Dominan Show Case Pekaindoran karya Robby Somba

Jogjaperformingart – Dominan show case kembali hadir dengan mengundang pemuda asal Toraja yaitu Robby Somba untuk menampilkan sebuah hasil karya yang berupa tari dan berdiskusi santai dengan para penikmat seni yang hadir di Plaza tari ISI Yogyakarta tanggal 29 September 2019 .

Karya tari ini berawal dari keresahan Robby Somba sebagai koreografer yang ingin membuat sebuah karya tentang Rumah Tongkonan. Rumah tongkonan adalah salah satu rumah adat di Toraja tempat dari Robby Somba berasal. Dari keresahan tersebut terciptalah sebuah karya tari yg berjudul ” Pekaindoran ” Yang berarti tongkonan sebagai seorang ibu, dimana tongkonan ini memiliki aturan-aturan yang menjadi pengikat masyarakat toraja . Begitu pula dengan seorang ibu yang memiliki aturan-aturan sendiri dalam membangun dan mendidik anaknya di dalam keluarga.

Di dalam karya ini koreografer mengangkat gerak tari dari tari tradisional Toraja yaitu gerak kaki dan tangan. Mengapa gerak kaki karena masyarakat toraja tinggal di daerah pegunungan, dimana ketika masyarakat toraja berjalan untuk mendaki selalu jinjit.

Karya tari ini dipentaskan oleh 4 orang penari yaitu @bella_asmanabillah, @amamalia99, @kinestieqi, @yulistiayputri dengan durasi sekitar 27 menit dan merupakan karya on progress yang akan terus berkembang.

(Foto oleh Feri)

en_USEnglish
en_USEnglish